Sabtu, 11 Oktober 2014

Teori Kognitif


Teori ini ditemukan oleh Jean Piaget yang berkolaborasi dengan Theodore Simon di Laboratorium Alfred Binet di Paris. Piaget adalah seorang filsuf, ilmuwan dan psikolog di Swiss yang mendapatkan gelar Ph.D nya di Universitas Neuchatel Swiss. Pria yang lahir di Neuchatel, Swiss pada 9 Agustus ini juga menjabat sebagai Profesor dalam bidang Psikologi di Universitas Geneva, Swiss pada tahun 1929 hingga 1975. Beliau juga menghasilkan beberapa karya yang luar biasa seperti buku La psychologie de l'intelligence, Introduction à l’Épistémologie Génétique dll.
Berikut penjelasan mengenai Teori Kognitif Jean Piaget:


Teori Kognitif adalah teori yang mempelajari cara manusia berpikir, menalar dan mempersepsi suatu informasi. Piaget membagi teori ini menjadi empat tahap, yaitu

1. Sensori motorik
    Tahap ini dimulai pada usia 0-2 tahun. Pada umumnya, pada usia ini terjadi pembentukkan  kebiasaan, gerak refleks, penglihatan dan pendengaran serta proses perkembangan awal kreativitas.


2. Pra operasional

    Tahap ini dimulai pada usia 2-6 tahun. Dominasi persepsi dan intuisi dalam berpikir, bersifat egosentris: menilai semuanya dari sudut pandang pribadi, dan belum mampu melakukan konservasi berpikir adalah ciri utama pada tahap ini.


3. Operasional konkret

    Tahap yang dimulai pada usia 6-12 tahun. Cara berpikir yang konkret, mampu melakukan konservasi dan klasifikasi, berkurangnya sifat egosentrisme, berpikir reversibel terjadi pada tahap ini.


4. Operasional formal

    Tahap yang dimulai sejak 12 tahun-dewasa. Kemampuan berpikir abstrak, mampu menalar suatu hal secara logis dan menarik kesimpulan terjadi pada masa ini.


Usulan: Para pendidik diharapkan mampu memahami dan mengenal tahapan-tahapan psikologi yang  dialami anak didiknya agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan sikap mengajar dan berinteraksi dengan anak didiknya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar